Keperawatan Anak
- Dr. Diyah Arini, S.Kep., Ns., M.Kes. |

Mata kuliah ini menguraikan tentang Konsep dan teori serta praktek/aplikasi asuhan keperawatan anak pada rentang sehat dan sakit sesuai pertumbuhan dan perkembangan anak dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang aman dan efektif melalui pendekatan proses asuhan keperawatan.
Course Information
Tujuan/Capaian pembelajaran
1. Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar keperawatan anak
2. Mahasiswa mampu menguasai Trend dan Issue keperawatan anak
3. Mahasiswa mampu menguasai Konsep keperawatan anak sehat dan mampu mempraktekkan prosedur screening tumbuh kembang pada anak
4. Mahasiswa mampu menguasai konsep neonatus esensial dan mempraktekkan prosedur neonatus esensial
5. Mahasiswa mampu menguasai konsep asuhan keperawatan anak sakit dan mempraktekkan prosedur minimalisasi dampak hospitalisasi /TAB
6. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mempraktekkan asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan Oksigenasi patologis dari system pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi: Asma, Pneumonia, Bronchiolitis, difteri, pertusis, Penyakit Jantung Bawaan (NB), Leukemia, Thalasemia, Hemofilia dan anemia.
7. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mempraktekkan asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan Cairan dan elektrolit patologis dari system perkemlhan, pencernaan dan vaskuler: Diare, DHF dan Nefrotik Syndrom
8. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mempraktekkan asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi patologis dari system pencernaan dan metabolic endokrin: KKP, stunting, obesitas, Thypoid dan DM Juvenil
9. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mempraktekkan asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan Aktivitas patologis dari system persyarafan dan muskuloskletal: Cerebral Palcy, hydrochepalus, meningitis, scoliosis, poliomyelitis dan CTEV
10. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mempraktekkan asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan Aman/nyaman patologis dari system termoregulasi, imun, sensor' dan keganasan: kejang demam, lympoma, OMA, Masoiditis, retinoblastoma dan campak
11. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mempraktekkan asuhan keperawatan pada Bayi Resiko Tinggi: BBLR dan Hiperbilirubin Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mempraktekkan asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan khusus: Retardasi Mental, Down Syndrom, autism, ADHD dan Child Abuse. 12. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mengaplikasikan asuhan keperawatan eliminasi patologis dari system pencernaan dan kemih/KelaInan Kongenital/peri operatif care: Hisfrung, Atresia Ani, Labiopalatoschzisis dan hipospadia
13. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mempraktekkan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) di tatanan pelayanan kesehatan
14. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan mempraktekkan asuhan keperawatan pada anak di daerah maritime dan kelautan (daerah pesisir) dan terapi hiperbarik pada anak pada kasus tertentu
Bahan Kajian
- Konsep Dasar keperawatan anak
- Trend dan issues keperawatan anak
- Konsep keperawatan anak sehat
Coaches

Dr. Diyah Arini, S.Kep., Ns., M.Kes.